|  | 

Pojok Parlemen

Jokowi-JK Disebut Mirip Sunan Kalijaga-Raden Patah

Demak-Rombongan peziarah Wali Songo DPP Partai Kebangkitan Bangsa mendapat wejangan dan petunjuk di setiap persinggahan perjalanannya. Ikhtiar ukhrowi mereka berbuah refleksi tentang sosok pemimpin ideal masa depan bangsa Indonesia.

"Kami telah berdoa di depan makam Sunan Kalijaga dan Raden Patah sebagai para penggerak agama Islam di Jawa. Ada kekuatan spiritual bagi rombongan peziarah untuk bisa lebih optimis mengambil posisi memenangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pilpres mendatang," kata Wasekjen DPP PKB Fatchan Subchi di tengah perjalanan menuju makam Sunan Muria, Senin (16/6).

Di tengah lantunan surat Yasin dan Al-Fatihah, Fatchan menguraikan bahwa rombongan seakan dipertemukan pada sebuah gambaran sosok pemimpin. Setelah doa-doa dikumandangkan, Fatchan merasakan energi positif yang memancarkan sosok Jokowi-JK sebagai calon pemimpin ideal seperti layaknya Raden Patah dan Sunan Kalijaga.

"Kesembilan waliyullah, terutama Sunan Kalijaga selalu memimpin dan membimbing rakyatnya menuju keislaman yang damai dengan cara yang sabar dan nerimo. Karena itulah, figur Jokowi dan JK tergambar sempurna di antara doa-doa kami sebagai sosok pengganti para wali yang dengan kesabarannya bisa mewujudkan tatanan hidup bermasyarakat yang damai," ujar Fatchan.

Putra ulama asal Kudus Ahmad Basyir ini memastikan pilihan para kiai kampung selalu menjadi panutan masyarakat. Apalagi, ujarnya, kiai yang tinggal melebur dengan rakyat akar rumput hubungannya erat dengan masyarakat sekitar pesantren.

Meskipun ada intimidasi berupa aksi anarkis pada ras tertentu, Kiai Badawi memastikan tekad gerakan Kyai Kampung telah bulat. "Pokoke wasiate kudhu nomer loro, watawashobil haq watawashobisobr (wasiatnya harus nomer dua karena membela kebenaran)," ujar Ahmad.(republika)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.