|  | 

Pojok Parlemen

PKB Berniat Ulang Kesuksesan Poros Tengah

Jakarta-Wacana koalisi sesama partai politik (parpol) berideologi Islam kembali muncul jelang pemilihan umum presiden (pilpres) 2014. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku siap mewujudkan kembali koalisi parpol Islam, seperti Pemilu 1999 silam atau yang dikenal dengan sebutan poros tengah.

Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB), Ida Fauziyah, mengatakan hasil hitung cepat pemilu legislatif (Pileg) kemarin tidak satu pun parpol yang mendapatkan suara signifikan, dan lolosPresidential Threshold (PT) 20 persen. Oleh karenanya, koalisi pasti terjadi.

"Koalisi partai Islam mungkin saja terjadi. Saat ini sudah ada penjajakan, tinggal kalau zaman 1999 lalu ada istilah poros tengah. Keadaan itu bisa diulang, tapi sekarang belum ketemu formulasi dan pembicaraan belum intens," jelas Ida, Minggu (13/4/2014).

Menurutnya, saat ini parpol Islam berada di posisi empat ke bawah. Namun, hal ini tak menutup kemungkinan untuk mewujudkan terjadinya koalisi yang mirip dengan poros tengah tersebut.

"Kalau parpol Islam bersatu memang tidak kalah. Tapi persiapannya memang kalah cepat dengan partai nasionalis yang sudah lebih dahulu mendeklarasikan, capres dan sudah melakukan kampanye personal," paparnya.

Berbeda dengan parpol Islam yang belum mendeklarasikan capres sebelum pileg. Ida mengaku, PKB sendiri masih menggodok beberapa nama untuk dideklarasikan menjadi capres.

"Parpol Islam secara khusus belum ada tokoh yang maju sebagai capres. PKB sendiri ada Mahfud MD, Rhoma Irama dan Jusuf Kalla. Sedangkan, PKS belum terdengar, PPP juga ada beberapa calon yang ditawarkan, baru PAN yang mengususng Hata Rajasa. Namun, bukan tidak mungkin, siapa tahu nanti akan muncul tokoh yang bisa mempersatukan dan menghasilkan kesepahaman di antara parpol Islam," pungkasnya.(okezone)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.