|  | 

Berita Nasional

Kampanye PKB di Ponpes Lirboyo, Muhaimin Makin Percaya Diri

Jakarta-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuktikan klaim sebagai satu-satunya partai yang terlahir dari Nahdlatul Ulama (NU). Hari ini (23/3), PKB mendapat kesempatan kampanye di Kediri Jawa Timur. Tak tanggung-tanggung, kampanye PKB di Kediri digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo yang dikenal sebagai pondok berpengaruh dan telah melahirkan tokoh-tokoh NU.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pun hadir langsung dalam kampanye partainya di Ponpes Lirboyo. Seperti dikutip dari rilis Humas DPP PKB, kehadiran Muhaimin di pondok yang sudah berumur lebih dari seabad itu mendapat sambutan meriah.

Sebaliknya, Muhaimin juga menganggap terbukanya ponpes Lirboyo bagi PKB menunjukkan partai yang dirintis mendiang Gus Dur itu mendapat amanah dari kaum nahdliyin untuk memperjuangkan ahlussunah wal jamaah (aswaja). "PKB sebagai satu-satunya parpol berlandaskan aswaja menjadi benar-benar partai NU saat berkampanye di Lirboyo. Maka, kami siap diamanahi untuk memimpin NKRI karena PKB meneruskan perjuangan para kiai," ujar Muhaimin di hadapan ribuan kader dan simpatisan PKB yang memenuhi aula Ponpes Lirboyo.

Lebih lanjut pemilik nama lengkap Abdul Muhaimin Iskandar itu mengingatkan lagi tentang rekomendasi Muktamar NU di Ponpes Lirboyo pada 1999. Kala itu, lanjut Muhaimin, salah satu rekomendasi Muktamar NU adalah mendukung PKB di pemilu. Hingga akhirnya PKB pada pemilu 1999 masuk dalam 3 besar partai peraih suara terbanyak.

Karenanya, Muhaimin menegaskan bahwa partainya akan konsisten memperjuangkan ideologi aswaja. Harapannya, kata Muhaimin, dengan dukungan kiai-kiai NU maka PKB akan bisa memanen suara pemilih. "Dukungan dari para kiai, saya harapkan bisa membuat PKB menang mutlak di Jawa Timur,” ucapnya.
Kedekatan antara PKB dengan Ponpse Lirboyo sangat terlihat. Terlebih, pengasuh Ponpes Lirboyo, KH An'im Falahuddin Mahrus tercatat sebagai salah satu calon anggota legislatif (caleg) PKB untuk kursi DPR RI.

Kampanye PKB di Ponpes Lirboyo tidak hanya diisi dengan orasi Muhaimin. Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Azis Mansyur yang juga hadir dalam kampanye itu memberikan petuah melalui pengajian.

Kiai Azis mengingatkan bahwa selama ini hanya PKB partai yang bisa membuktikan janjinya kepada kaum nahdliyin. Selain itu, lanjutnya, PKB juga terbuka bagi semua kalangan. “PKB partai terbuka dan siapapun bisa masuk jadi simpatisan,” ucapnya.(jpnn)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.