|  | 

Suara Dapil

PKB Sulsel Siapkan Tabulasi Suara Berbasis TI

Makassar-Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangitan Bangsa (PKB) Sulsel tengah menyiapkan sistem tabulasi suara berbasis teknologi informasi (TI) pada pemilu legislatif (pileg) April 2014 mendatang.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengamanan suara partai berlambang bola dunia ini. Sistem tabulasi yang juga akan digunakan dalam memantau hasil suara langsung dari Tempat

Pemungutan Suara (TPS) dan dioperasikan oleh DPW PKB Sulsel.
Wakil Sekretaris DPW PKB Sulsel, Musthafa Kemal menyebutkan penggunaan tabulasi suara ini untuk mengantisipasi permainan suara yang kemungkinan bisa saja dilakukan oleh oknum tak bertangung jawab.

“Tentu kami tak ingin PKB kehilangan suara, selain itu, penggunakan teknologi informasi ini dimaksudkan untuk secara cepat bisa mengetahui hasil pileg,” jelas lelaki kelahiran Pinrang ini.

Musthafa menyampaikan tabulasi suara ini, akan menjadi real count PKB, secara tekhnis ia menyampaikan penggunanaan koneksi internet untuk pengiriman hasil suara.

“Kami menggunakan fasilitas SMS (Short Message Service) yang tentu terkoneksi dengan server yang dilengkapi dengan beberapa modem serta software sistem tabulasi di kantor DPW PKB,” katanya.

Lanjutnya, saat ini PKB telah memantapkan sistem tabulasi ini, dan tengah memproses registrasi saksi. “Kami akan mengawal suara dengan sebaik mungkin, dengan sistem ini, kami bisa langsung dengan cepat mengetahui hasil dan indikasi-indikasi kecurangan di tiap TPS atau wilayah”, katanya.

Iapun menegaskan setiap saksi atau koordinator saksi nantinya langsung melaporkan hasil di TPS dengan format tertentu, sesaat setelah perhitungan di TPS.(rakyatsulsel.com)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.