|  | 

Berita Nasional

KH. Hasyim Muzadi Siap Bantu PKB

JAKARTA-Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) KH. Hasyim Muzadi menyatakan kesiapannya membantu untuk memenangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan merebut kursi presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Namun, kesediaan itu disertai syarat agar PKB membenahi sistem kepartaiannya pasca-Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

"Saya siap membantu PKB. Tapi saya minta setelah pileg ditata kembali sistem partai di PKB," terang KH. Hasyim Muzadi dalam paparannya pada Sarasehan Muharram PKB di Kantor DPP PKB, Minggu (24/11/2013).

Mantan Cawapresnya Megawati ini mengatakan, di era kepemimpinan mantan Presiden RI Abdurahman Wahid alias Gus Dur dahulu, PKB mampu merebut suara dengan modal pemikiran dan karisma Gus Dur, serta petinggi lain partai. Sayangnya, kata dia, gagasan pendahulu PKB itu tidak dikonstruksi sistem manajerial yang baik. "Sehingga terjadi disintegrasi. Sehingga pecah kan?" katanya.

Menurut Pendiri Ponpes Al-Hikam Malang Jatim ini, partai harus dikelola dengan canggih dan sangat baik. "Artinya ada standardisasi, termasuk loyalitas. Sekarang, loyalitas pada partai saja kadang tidak ada," katanya. Hal lain, katanya, kader partai tidak boleh bertengkar di depan rakyat.

Beberapa nama Capres yang sempat mencuat dan diwacanakan akan menjadi capres PKB diantaranya Mahfud MD, Rhoma Irama, dan bahkan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.