|  | 

Berita Nasional

Huda: PKB Usulkan Beasiswa 100 Santri Hafal Alfiah Pertahun

Jakarta - Partai kebangkitan bangsa (PKB) mengusulkan program beasiswa bagi santri yang hafal kitab Alfiah. Hal ini disampaikan NurHuda Yusro, dalam rapat kerja di komisi VIII bersama kemenag RI, sebagai usulan yang dimasukkan dalam program modernisasi beragama.

"Terkait usulan PKB dalam program moderasi beragama, kami mengusulkan agar ada beasiswa untuk santri yang hafal kitab Alfiah ata santri yang memiliki kemampuan mbaca kitab kuning secara fasih," terang Huda di Senayan, Jakarta, rabu (02/09/21).

Kitab Alfiah atau Alfiah ibnu Malik yang tebalnya 1002 bait (halaman -red) merupakan kitab rujukan utama para santri yang mempelajari kaidah sintaksis dan morfologi bahasa Arab. Huda berpendapat, pemberian beasiswa pada santri yang mampu menguasai kitab ini, akan mampu berkontribusi terhadap tujuan program moderasi beragama.

"Jadi misal beasiswa ini diberikan kepada 100 santri per-tahun, kemudian mereka bisa UIN, maka kita bisa terus menambahkan populasi mahasiswa berbasis literasi beragama," imbuhnya.

Program moderasi beragama yang dicanangkan Kemenag menjadi salah satu program utama yang diharapkan presiden Jokowi. Moderasi beragama bertujuan menjadi konsepsi yang dapat membangun sikap toleran dan rukun guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sebagai upaya menghadirkan jalan tengah atas dua kelompok ekstrem antara liberalisasi dan konservatisme dalam beragama, implikasi beasiswa menjadi sejalan dengan tujuan moderasi beragama sebagaimana diharapkan Presiden Jokowi".

"Diskusi keagamaan di kampus akan menjadi lebih bermutu dan juga khazanah keilmuan akan semakin kaya di ruang-ruang belajar di kampus," pungkas Huda.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.