|  | 

Berita Nasional

Banyak Subsidi Tidak Tepat Sasaran, Erma Ingatkan Update Basis Data

JAKARTA - Subsidi pemerintah terhadap produk lpg 3kg, solar dan minyak tanah menjadi sorotan dala Rapat Panja Pembahasan materi Panja Asumsi Dasar Pembicaraa Pendahuluan RAPBN dan RKP Tahun 2021. Anggota banggar DPR RI, Siti Mukarromah, mempertanyakan basis data penerima subsidi.

"Seperti diungkap dari data Menkeu tadi, di lapangan, sering dan banyak terjadi, penerima subsidi yang tidak tepat sasaran. Yang menerima subsidi justru orang yang punya penghasilan tinggi," ungkap legislator Fraksi PKB yang akrab disapa Erma ini.

Erma mengingatkan, agar update dari basis data penerima subsidi tersebut lebih akurat. "Update data menjadi permasalahan pelik. Sebab di beberapa daerah yang tidak melakukan update, basis data akan digunakan sebagai penerima subsidi, harus diantisipasi terhadap adanya perubahan kesejahteraan penerima manfaat," sambungnya lagi.

Selain memperhatikan akurasi dan update basis data, dalam rapat tersebut, Erma juga menyampaikan agar pemerintah memeberikan prioritas subsidi kepada usaha kecil menengah (UKM). "Pemerintah perlu juga menyediakan subsidi untuk UKM_UKM. Agar mereka mampu meningkatkan kesejahteraannya, mengingat komoditas yang disubsidi adalah untuk kegiatan produktif yang bermanfaat untuk kesejahteraan dirinya dan juga orang-orang terlibat dlm usaha tersebut," tukas Erma.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.