|  | 

Berita Nasional

HRD : Apresiasi Kinerja Kementerian Desa PDTT Capaian Lampaui Target

Ruslan M.Daud menyampaikan apresiasi Kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas capaian Kinerja RPJM 2015 - 2019. Hal ini disampaikan dalam Ruang Rapat Komisi V. 19/11/2019.

"Alhamdulillah banyak program yang melampaui target diantaranya Program Pembangunan Desa & Kawasan Pedesaan, pada program ini ada tiga kegiatan yang capaiannya melampaui target salah satunya adalah kegiatan mengurangi Desa Tertinggal mencapai 6.518 Desa dari Target 5000 Desa, meningkatkan jumlah desa mandiri menjadi 2.665 Desa dari target 2000 Desa, ini adalah prestasi yang harus diapresiasi oleh kita semua," kata HRD.

HRD yang ditugaskan di Komisi V DPR RI mengatakan dengan adanya Dana Desa wilayah-wilayah pedalaman yang miskin infrastruktur telah disulap menjadi wilayah-wilayah agropolitan yang maju. "Arus barang dan jasa sudah bergerak lancar disertai dengan pertumbuhan ekonomi yang lumayan baik," terang HRD.

Politisi muda Fraksi PKB ini juga menyampaikan beberapa fenomena lapangan yang dipandang dapat menghambat semangat kemandirian Desa/Gampong diantaranya intervensi pengaturan pemanfaatan Dana Desa yang sering datang setelah hasil musyawarah Desa, seperti turunnya Perbup untuk bangun rumah layak huni dengan menggunakan Dana Desa, ungkap Ruslan.

"Pola peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan Gampong/Desa belum terlaksana secara efektif dan efesien. Terutama dari aspek pendanaan yang sering kali terbebani dana desa," tukasnya. (FR)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.