|  | 

Berita Nasional

Taufiq R. Abdullah: Teknologi Informasi Yang Cepat Harus Diisi Konten Benar dan Tepat

BANJARNEGARA - Perkembangan Teknologi Informasi tidak dapat dibendung. Kecepatan akses dalam dunia informasi harus bisa dimanfaatkan untuk memperkokoh persatuan bangsa.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI Fraksi PKB, Taufiq R. Abdullah, kepada ratusan santri di Banjarnegara dalam acara "Seminar Merajut Nusantara, Teknologi Informasi untuk Kebangkitan Bangsa". "Pesatnya perkembangan teknologi informasi sudah seharusnya kita manfaatkan untuk merajut jajaran pulau-pulau di tanah air Indonesia," ujar Taufiq lewat pesan elektronik, jumat (25/10).

Manfaat teknologi informasi yang memberi kesempatan untuk berkirim dan menerima informasi secara cepat, lanjut Taufiq, juga harus disertai dengan konten informasi yang tepat. Pasalnya kemajuan ini kerap digunakan untuk menyebar konten-konten hoax, hate speech, hingga konten provokatif yang berupaya memecah kerukunan bangsa.

Taufiq pun mengajak seluruh elemen masyarakat, berperan memanfaatkan teknologi informasi untuk kebaikan.

"Para santri harus ambil peran untuk banyak memberikan konten yang baik dalam dunia media sosial. Masyarakat banyak belajar mencari tahu ilmu agama dari internet.

Kalo dunia internet kita sesak dengan kontens agama yang kurang tepat, akhirnya menjadi pintu yang salah bagi masyarakat dalam memahami agama, melahirkan pemahaman agama yg kurang luwes, pemahaman agama yang kaku," paparnya legislator asal dapil Jateng VIII.

Meski demikian, ia menegaskan, peran orang tua tetap penting dalam mengawasi anak bermain di media sosial. "Kita memang tidak bisa melarang anak-anak untuk tidak memakai media sosial yang ada. Tapi yang bisa kita lakukan adalah mengarahkan mereka untuk dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari perkembangan teknologi informasi yang ada," tukas Taufiq.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.