|  | 

Berita Nasional

Launching Serial FGD, Ketua FPKB: Kita Akan Mengawal Perdesaan dan Kemandirian Pangan

JAKARTA - Ketua Fraksi PKB DPR RI, H. Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, PKB akan mengawal pemerintahan Joko Widodo pada periode kedua. ia menatakan, konsentrasi pengawalan ini akan dilakukan dari pinggiran. Terutama dalam hal perdesaan dan pangan.

"Kita mengawal dari awal bagaimana pemerintahan jokowi dengan nawacita pertamanya, dan kita akan melihat bagaimana nawacita kedua akan terimlementasikan di langkah-langkah program-program pada periode kedua terutama kita akan membahas dari sisi membangun Indonesia dari pinggiran, membangun indonesia dari perdesaan," terangnya saat membuka Diskusi Publik bertajuk 'Mengawal Ihtiyar Menuju Indonesia Maju' yang diselenggarakan oleh Fraksi PKB DPR RI berkerjasama dengan Dewan Pengurus nasional (DPN) Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) di Senayan, Jakarta, Selasa 16/7/2019.

Cucun Mengatakan, pada periode pertama Pemerintahan Presiden Joko Widodo, partainya telah berhasil mengawal Indonesia dari pinggiran. "Alhamdulillah di periode pertama PKB diberikan kepercayaan megawal, membagun Indonesia dari piggiran yaitu dari desa dan hasil akhir yang dicapai luar biasa, dimana desa bisa membangun."

Anggota Komisi IV ini menilai langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah dalam membangun perdesaan ini sudah berhasil. Namun, disisi lain masih ada beberapa hal yang perlu di evaluasi.

Cucun menambahkan, yang paling penting dari hal itu adalah kemandirian pangan. Tata kelola pangan di indonesia, menurutnya, perlu dibenahi."Yang paling penting adalah bagaimana tentang kemandirian pangan. kemandirian pangan ini harus kita lakukan dan harus kita pecahkan tentang tata kelola niaga pangan ini, yang membuat menjadi problem yang paling penting di negara kita ini."

Saat ini, sirit kedaulatan pangan sudah bergeser menjadi spirit kemandirian pangan. Maka dari itu, permasalahan ini menjadi mendesak untuk diselesaikan.

"Sudah bukan kedaulatan pangan lagi, tapi kemandirian pangan bisa terwuud ini ada permassalahan yang harus diselesaian."

Maka dari itu, Cucun menerangkan, pada serial diskusi ini, kita akan mengundang juga siapa yang berkaitan dan bersinggungan dengan kemandirian pangan ini. Yang mempunyai regulasi dan rekomendasi terkait impor pangan, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Bulog juga sebagai cadangan pangan nasional akan diundang dalam serial diskusi ini.

"Makanya saya berikan ucapan terimakasih kepada sahabat-sahabat dari Gerbang Tani juga. Kita akan terus mengawal bagaimana pemerintahan jokowi (pada periode) kedua ini mampu mensejahterakan masyarakat sesuai degan tujuan kita. Fraksi (PKB) juga akan terus support buat temen-temen kita yang ada di komisi terkait juga akan terlibat dalam diskusi ini." terangnya.

Perlu diketahui, selain Ketua Fraksi PKB, Diskusi Publik dan Launching Serial Focus Group Discussion (FGD) yang bertema 'Mengawal Ikhtiar Menuju Indonesia Maju, Reformulasi Kebijakan Pembangunan Perdesaan, Pertanian, Agraria, Kehutanan, Kelautan dan Lingkungan pada Periode Kedua Pemerintahan Jokowi' ini dihadiri oleh Ketua PKB, Jazilul Fawaid; Ketua Gerbang Tani,Idham Arsyad. dan bebraa Anggota dan tenaga Ahli FPKB. Sebagai narasumber, M. Riza Damanik (Asisten Staff khusus presiden) dan Maftukhan (direkturPerkumpulan Prakarsa).[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.