|  | 

Berita Nasional

Anna Muawanah: Heterogenitas Budaya Indonesia Adalah Hal Yang Perlu Dijaga Bersama

 

BOJONEGORO - Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Pertemuan-pertemuan dengan kebudayaan luar juga mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga menambah ragamnya jenis kebudayaan yang ada. Hal tersebut disampaikan Anggota Fraksi PKB MPR RI dalam sosialisasi dengan Fatayat NU Kabupaten Bojonegoro.

 

“Keragaman Budaya Indonesia sebagian adalah pertemuan dengan kebudayaan luar yang mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang ada. Kemudian berkembang dan meluasnya agama-agama besar di Indonesia juga ikut mendukung perkembangan kebudayaan Indonesia sehingga mencerminkan kebudayaan agama tertentu,” jelasnya di Bojonegoro, Selasa 26/09.

 

Bisa dikataka, lanjut Anna, Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keaneragaman budaya atau tingkat heterogenitasnya yang sangat tinggi. Tidak saja keanekaragaman budaya kelompok suku bangsa namun juga keanekaragaman budaya dalam konteks peradaban, tradsional hingga ke modern, dan kewilayahan. Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya.

 

“Sejarah membuktikan bahwa kebudayaan di Indonesia mampu hidup secara berdampingan, saling mengisi, dan ataupun berjalan secara parallel,” ujar Wakil rakyat Dapil Jawa Timur IX ini.

 

Dia mencontohkan, Misalnya, kebudayaan kraton atau kerajaan yang berdiri sejalan secara paralel dengan kebudayaan berburu meramu kelompok masyarakat tertentu. Dalam konteks kekinian, lanjut Anna, dapat kita temui bagaimana kebudayaan masyarakat urban dapat berjalan paralel dengan kebudayaan rural atau pedesaan, bahkan dengan kebudayaan berburu meramu yang hidup jauh terpencil.

“Hubungan-hubungan antar kebudayaan tersebut dapat berjalan terjalin dalam bingkai ‘Bhinneka Tunggal Ika’, dimana bisa kita maknai bahwa konteks keanekaragamannya bukan hanya mengacu kepada keanekaragaman kelompok suku bangsa semata namun kepada konteks kebudayaan,” terangnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.