|  | 

Berita Nasional

Menjadi Narasumber Indonesian Diaspora Global Summit, Nihayatul Wafiroh: Undocumented Worker Ada Diseluruh Dunia

JAKARTA – Anggota Fraksi PKB DPR RI, Nihayatul Wafiroh menjadi Narasumber dalam dikusi panel Task Force on Migrant Workers dalam Indonesian Diaspora Network Global Summit. Dia menuturkan, sebagai tim pengawas Tenaga Kerja Indonesia (TKI), pihaknya ingin lebih banyak mendengarkan apa yang bisa dikerjakan tentang persoalan TKI ini.

“Saya sebagai tim pengawas TKI lebih ingin mendengarkan apa yang bisa kita kerjakan tentang persoalan Tenaga Kerja ini,” Ujarnya di Jakarta, Selasa 22/8.

Menurutnya, persoalan Tenaga Kerja tak berdokumen (ilegal) ada diseluruh dunia. Bahkan, sering kali mereka mendapatkan kriminalisasi sebelum diproses. Dia menambahkan, persoalan ini paling banyak terjadi di Negeri Jiran.

“Kita tidak menutup mata persoalan undocumented worker ada diseluruh dunia, tapi memang selama ini selalu datang dari malaysia. Yang sering terjadi ketika buruh migran ini tertangkap mereka akan dikriminalisasi terlebih dahulu, ini perlu diperhatikan,” ujar anggota Komisi IX DPR RI ini.

Dia mengatakan, Salah satu yang Perlu dikritisi atas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (RUU PPMI) yaitu kebijakan-kebijakan yang ada tidak berpihak kepada buruh migran. prakteknya, bukan hanya diatas kertas.

“UU ini belum diketok (disahkan –red), kita bisa melakukan nego disini, so feeding us. Saya akan berusaha masukan ke panja (Panitia Kerja –red). Saya tidak membantah banyak kekurangan di lapangan. Bantu kami utk dpt perbaiki sistem, saya akan menyampaikan masukan-masukan yang ada. Terimakasih atas masukan yang diberi, kami dari pemerintah akan terus proaktif berjejaring dengan semua stakeholder,” pungkas Wakil Rakyat asal Banyuwangi ini.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.