|  | 

Berita Nasional

Ini Kata Anggota DPR Soal 4 Tokoh Indonesia Yang Masuk The World’s Most Influential Muslim

JAKARTA – Anggota Fraksi PKB, Bisri Romli merasa bangga dengan terpilihnya empat tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar 50 orang paling berpengaruh di dunia versi themuslim500.com. Empat orang tersebut adalah Presiden RI, Ir. Joko Widodo menempati urutan ke 13; Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Said Aqil Siroj di urutan ke 20; Ketua Muhammadiyyah, KH. Din Samsudin di urutan ke 41; dan Ketau Thoriqoh an-nahdliyah, Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dari pekalongan di urutan ke 45.

“Tentunya apresiasi, ada 50 orang yang berpengaruh didunia, itu diantaranya 4 tokoh yang dari Indonesia,” terangnya di Gedung DPR RI, Rabu, 24/05. Dia menambahkan, terpilihnya empat orang tokoh dari indonesia ini sudah tepat jika dilihat dari profesi dan keahliannya masing-masing.

Presiden Joko Widodo, jelas Bisri, masuk dalam kategori pejabat pemerintah dengan penduduk mayoritas muslim terbanyak di dunia. Oleh karena itu, dengan kesederhanaannya dan ketekunan menjalankan syariat Islam yang sebenarnya,menurutnya, dalam lingkup nasional, dia dapat menjadi tauladan dan contoh bahwa di bawah pemerintahannya yang mampu membawa Indonesia menjadi damai. Sedangkan dalam lingkup Internasional, menurutnya,  Presiden Joko Widodo bisa masuk ke berbagai kalangan termasuk Arab Saudi dan Iran, dimana kedua negara tersebut mempunyai doktrin firqoh yang berbeda.

“Itu termasuk bahwa jokowi termasuk ke pejabat pemerintah,” jelasnya.

Sedangkan  KH. Said Aqil Siroj, lanjutnya, merupakan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU), jam’iyah berhaluan ahlusunnah wal jamaah (Aswaja) dan terbesar di Indonesia. Menurutnya, KH. Said Aqil Siroj dapat memahami permasalahan ummat dari berbagai konteks, baik yang tekstual mauppun kontekstual.

“Walopun kita tau, Said Aqil itu bukan politisi secara tekstual, namun bisa membawa pengaruh yang luar biasa,” terang Anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Lebih lanjut Bisri menjelaskan, KH. Din Samsuddin terpilih karena dia berpengaruh di Muhamadiyah. Sebetulnya secara tekstual antara Muhammadiyah dan NU itu tidak ada perbedaan. Ketika Tarjih Muhammadiyah mereka juga menguasai empat madzhab, seperti halnya NU. Menurutnya, KH. Din Samsudin dan KH. Said Aqil Siroj dalam kategori yang sama.

“Jadi Din Samsudin dan Said Aqil masuk dalam kategori ulama,” ucapnya.

Untuk Habib Luthfi bin Ali bin Yahya, menurut Bisri termasuk dalam kategori ulama yang  konsen kepada spiritual. Habib luthfi menurutnya sebagai ketua thoriqoh Indonesia, Thoriqoh An-Nahdliyah.

“Tentunya dia masuk dalam kategori, menurut saya, kategori ulama dan spiritual, karena beliau membawahi thoriqoh se Indonesia. Itu pengikutnya sangat loyal, karena spirit itu kan masalah rohani. Rohani yang diisi oleh thoriqoh bisa membawa warga yang telah dibaiat menjadi sangat loyal,” terang legislator Dapil Batang, Pekalongan dan Pemalang tersebut.

Menurut situs resmi lembaga 500 pemimpin Muslim berpengaruh dunia (The World's 500 Most Influential Muslims), Themuslim500.com, Kamis, 13 Oktober 2016, 4 tokoh muslim Indonesia masuk dalam 50 besar.

Pihak penerbit, The Royal Islamic Strategic Studies Centre, adalah lembaga penelitian independen yang berada di bawah naungan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, berpusat di Amman, Kerajaan Yordania.

 

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.