|  |  | 

Agenda Reses Berita Nasional

Fathan Subkhi: Petani Harus Melek IT

DEMAK – Anggota Fraksi PKB Dapil Jateng II, Fathan Subkhi berharap Sumber Daya Manusia (SDM) para petani dapat ditingkatkan lagi. Pasalnya, masih banyak petani yang hanya mengandalkan keadaan alam sehingga hasil panennya tidak menentu dan cenderung menurun.

“Kualitas SDM para petani harus ditingkatkan demi kejayaan petani,” ujarnya usai menikuti Sosialisasi Agroklimat yang diadakan oleh BMKG di Pendopo Kabupaten Demak, Selasa, 18/4, lalu.

Para petani Demak, lanjut Fathan, harus melek Informasi dan Teknologi (IT) sehingga dapat mengakses prakiraan kondisi cuaca dan iklim yang ada dilaman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Kita berharap para petani ini bisa melek IT, jadi bisa memanfaatkannya dengan mengakses informasi BMKG untuk meminimalisir gagal panen. Kan cuaca sekarang ini suka tidak menentu,” terangnya.

Fathan menambahkan, dengan memanfaatkan IT ini petani sangat terbantu dan menjadi semakin mudah. Karena, lanjutnya, informasi cuaca di BMKG selalu diperbaharui, sehingga petani bisa mengetahui cuaca yang akan datang dan bisa memperkitakan penanamannya.

“Dengan memanfaatkan IT ini, semoga resiko gagal panen petani semakin berkurang,” tendasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah 2 Joko Siswanto mengatakan, sosialisasi ini untuk mendukung program swasembada pangan secara nasional sesuai inpres nomor 5 tahun 2011, sehingga kegiatan serupa juga akan dilaksanakan diseluruh Indonesia.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para petani terkait iklim yang terjadi, sehingga dapat mendukung kegiatan para petani dan mengurangi resiko gagal panen akibat cuaca dan iklim ekstrim yang terjadi,” ujarnya.[]

Related Articles