|  | 

Berita Nasional

Kemendag Tetapkan HET Gula, Cucun: Kita Dukung, Jangan Sampai Melonjak Lagi

 

JAKARTA - Komisi IV DPR RI megapresiasi kebijakan Kementerian Perdagangan (kemendag) menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditi gula. Kesepakatan yang diambil antara podusen dan distributor, menurut H. Cucun Ahmad Syamsurijal, merupakan lamgkah positif memperbaiki tata niaga Indonesia.

"Kita apresisasi pemerintah untuk memberantas lingkaran yang membuat jatuhnya harga ke konsumen menjadi mahal. Kalau ada kebijakan, ya harus berpihak kepada rakyat. Jangan sampai ada harga melonjak lagi," kata Cucun, di DPR senayan, selasa 31/01.

Komitmen produsen dan distributor gula untuk menjaga harga gula pada level Rp 12.500 per kilogram (kg) pada tahun ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh produsen (pabrik) dan distributor gula di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada senin kemarin. Cucun yang juga sekretaris Fraksi PKB menegaskan, mendukung kebijakan pemerintah ini.

"Ini untuk mengurai serta mendukung tata niaga Indonesia hingga konsumen tanpa membebankan harga. Jika dirasakan bisa menstabilkan harga kita dukung. Kalau menjadi celah untuk orang mendapatkan impor, ya kita (DPR-red) akan evaluasi," tutur dia.

Selain berdampak pada harga, sambungnya, langkah ini juga dinilai akan menahan laju inflasi pangan secara makro. Cucun optimistis, kebutuhan serta alur siklus gula juga telag dihitung dengan baik oleh pemerintah. "Kalau misalkan dihitung positif menahan laju inflasi dan mengatur tata niaga sehingga tidak ada permainan, sangat bagus," tukasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.