|  | 

Berita Nasional

Hadapi MEA Anggota DPR Ajak Kader Bangsa Perkokoh Semangat Berdikari

NEMMALUKU - Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, Anggota DPR RI Fraksi PKB hadiri Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) di Kota Ambon, Maluku.

Kehadiran Anggota Komisi VI ini memenuhi Undangan sebagai Nara Sumber dialog kebangsaan memperingarti Harlah Kopri PMII ke 48, bagian dari rangkaian kegiatan Muspimnas PMII yang diselenggarakan sejak 18-22 November 2015.

Di hadapan 700-an Pimpinan PMII se Indonesia, Neng Eem menyampaikan bahwa dunia saat ini sedang melakukan konsolidasi terkait ekonomi global dan keamanan. Berbagai pertemuan kepala negara dilakukan. Dunia menyadari pentingnya daya saing ekonomi diimbangi dengan keadaan keamanan dan sikap saling menghormati. Kemanusiaan adalah alasan paling tepat dalam membangun keadaan yang lebih baik.

Lebih lanjut mantan Ketua Kopri PB PMII ini menyinggung isu-isu terkait perempuan, ”Pada forum yang membanggakan ini, Saya ingin menegaskan kepada kita semua bahwa persoalan perempuan selama ini adalah 'ketertindasan dan keterasingan'. Persoalan ini kemudiannya menyebabkan perempuan mengalami keterbatasan untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, ataupun untuk terlibat dalam aktivitas politik.”

“Kini Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah terbentang di depan mata. MEA 2015 adalah kenyataan akan terintegrasinya secara penuh perekonomian global. Maka dari itu Indonesia perlu menyiapkan secara baik kesiapan dirinya menghadapi tantangan itu.” terangnya.

Lebih lanjut Neng Eem menegaskan, “Sebagai kader bangsa, Kopri PMII wajib mengokohkan semangat juang perempuan berdikari; mandiri secara ekonomi, berdaulat secara politik dan bermartabat dalam kehidupan”.

“Kader Kopri hendaknya fokus dengan program kemandirian ekonomi dan gerakan politik kerakyatan. Paling tidak Kader Kopri segera mengambil sikap dan tindakan untuk mengkampanyekan pentingnya mencintai produk dalam negeri, menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, termasuk melakukan pemberdayaan terkait modal dan jaringan usaha bagi masyarakat yang ingin berdikari dalam usaha mikro, kecil dan menengah”. Tegas Neng Eem penuh semangat.

Ai Rahmayanti, Ketua Kopri PB PMII menyebutkan, acara ini dihadiri oleh pimpinan Pengurus Koordinator Cabang, Pengurus Cabang PMII dan Pengurus Kopri PMII se-Indonesia. Acara dialog kebangsaan ini juga diisi oleh Sahabati Luluk Nur Hamidah, Sekjen Perempuan Bangsa PKB yang juga Majelis Pembina Nasional Kopri PMII.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.