|  | 

Berita Nasional

Gus Dur ‘Hadir’ di Muktamar NU ke 33

koleksi-foto-gus-dur-640x330

SURABAYA — Nahdlatul Ulama tidak bisa lepas dari sosok cucu Hadratus syaikh Hasyim Asy'ari yakni Presiden RI ke-4  KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Meskipun sudah lama meninggalkan kita, mengenang Gus Dur tidak ada habisnya.

Momen muktamar NU ke-33 di Jombang Gus Dur akan 'hadir' ditengah muktamirin. Sejumlah wartawan akan memamerkan koleksi foto beliau saat Muktamar ke-33 NU. Yang istimewa, pameran ini diikuti beberapa wartawan istana negara di era Gus Dur berkuasa. Mereka akan menampilkan koleksi terbaik dari foto pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum pernah dipublikasikan.

“Teman-teman wartawan ini ingin menghadirkan sosok Gus Dur di tengah-tengah warga nahdliyin,” kata Yusron Aminullah seperti dikutip dalam www.muktamarnu.com, Selasa (28/7). Koordinator acara pameran foto Gus Dur ini menandaskan bahwa gelaran pameran dibuat dalam momentum muktamar yakni sejak tanggal 1 hingga 5 Agustus di Jombang.

Setidaknya lebih dari 100 foto pendiri PKB tersebut  yang akan dipamerkan. Foto-foto tersebut berasal dari tujuh wartawai dari berbagai media. Kepada media ini, Kang Yusron, sapaan akrabnya menandaskan bahwa sejumlah wartawan telah bersedia menyerahkan koleksi yang dimiliki.

“Ada Agus Wahyudi dari Jawa Pos, Dodok HW Surya, Mukhtar Zakaria dari AP, Mas Agus Mulyawan Media Indonesia, Dadang Tri Mulyo Blomberg, Krisnadi AP, dan Iwan Hananto Surabaya Post,” terangnya.

Menurut pendiri Rumah Budaya Menebar Energi Positif (MEP) ini, ada beragam foto yang akan dipamerkan. Ekpresi kepedulian sosial, ketegasan, kewibawaan dan egaliter yang selalu melekat dari sosok Gus Dur akan ditunjukkan dalam pameran tersebut. “Inspirasi nilai-nilai yang ditawarkan Gus Dur tentu sangat banyak, kita nanti juga bisa melihatnya dalam foto itu,” ungkap Kang Yusron.

Pameran foto sedianya akan digelar di Rumah Budaya Menebar Energi Positif (MEP) Jl. Agus Salim No.09 Jombang selama lima hari, yakni tanggal 1-5 Agustus mulai pukul 10.00- hingga 22.00 WIB.

“Kegiatan nantinya akan dibuka oleh salah seorang perwakilan dari keluarga Gus Dur,” katanya. Selain pameran akan di gelar pula bazar batik daerah yang akan didatangkan langsung dari Lasem, Jogjakarta, Mojokerto, Jombang dan daerah lain.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.