|  | 

Berita Nasional

FPKB Akan Perjuangan Keadilan Anggaran Bagi Pesantren

maman pkb

JAKARTA- Fraksi PKB meminta pemerintah memberikan keadilan anggaran pendidikan kepada pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan pertama di Indonesia masih belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah.

“Harus ada pengupayaan keadilan anggaran, bayangkan pendidikan islam hanya dapat 11 persen dari Rp 409 triliun anggaran pendidikan tahun 2015. Agar pesantren dan lembaga pendidikan NU mendapatkan hak dari budgeting anggaran pendidikan yang diamanahkan konstitusi,” ujar Anggota FPKB, Maman Imanulhaq.

Maman menjelaskan pesantren salah satu lembaga yang berfungsi sebagai pembentuk karakter bangsa. Namun pemerintah masih tidak memperhatikan dalam perencanaan anggaran APBN. 

"Padahal pesantren adalah lembaga pendidikab yang sudah berdiri sebelum republik ini berdiri. Mereka eksis sampai hari ini, termasuk juga NU sebagai payung besar pesantren-pesantren di Indonesia,” imbuh kiai muda ini.

Ia memastikan PKB akan memperjuangkan keadilan anggaran bagi pesantren. “Anggaran sebesar Rp 409 triliun itu bisa sepenuhnya dinikmati oleh anak bangsa, terutama nahdliyin,” pungkasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.