|  | 

Berita Nasional

Sekjen PDI-P: PKB Itu “Partai Kancane Banteng”

Jakarta-Acara deklarasi koalisi partai pendukung Joko Widodo sebagai bakal calon presiden berlangsung dengan santai dan penuh humor. Deklarasi tersebut disampaikan dengan penuh guyon tanpa mencederai substansinya.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo yang bertindak sebagai pemandu acara mengatakan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah partai yang memiliki hubungan dekat dengan partainya. Ia yakin, bergabungnya PKB dalam poros PDI-P merupakan langkah paling tepat dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang solid dan efektif ke depan.

"PKB itu 'Partai Kancane Banteng' (partai temannya banteng), daripada ke mana-mana, mending dukung ke sini," kata Tjahjo disambut tawa hadirin yang ada di acara deklarasi tersebut, di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014).

Apa yang dilontarkan Tjahjo itu merupakan balasan dari pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Saat berkesempatan memberikan pernyataan, Muhaimin mengatakan bahwa nama daerah Jombang, yang menjadi tanah kelahirannya, merupakan kepanjangan dari ijo abang (hijau-merah). "Tapi, sekarang sudah berubah sedikit, (Jombang) jadi ijo, biru, dan abang," ucapnya.
Warna hijau merupakan representasi dari PKB, warna biru melambangkan Partai Nasdem, dan merah mewakili PDI-P.

Dalam acara deklarasi tersebut, Muhaimin menyatakan bahwa PKB secara resmi mendukung bakal capres dari PDI-P Joko Widodo. Dengan dukungan resmi PKB ini, poros PDI-P mendapat kekuatan tambahan di luar dukungan dari Partai Nasdem.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh juga mendeklarasikan dukungannya untuk Jokowi. Paloh mengaku cocok dengan konsep yang ditawarkan PDI-P dalam membangun koalisi tanpa praktik transaksional.(kompas)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.