|  | 

Berita Nasional

PKB Setuju Dana Saksi Parpol Dibiayai Negara

Jakarta - Dana saksi parpol di TPS sebesar Rp 54,5 milyar per partai menuai pro dan kontra. PKB mendukung hal tersebut karena nilai tersebut wajar.

"Saya kira tak ada yang keberatan dengan hal ini. Yang penting kan transparansi dan akuntabilitasnya, dan yang paling penting lagi adalah menhasilkan Pemilu yang transparan. Karena kan tidak semua partai mempunyai saksi di tiap TPS, dengan dana ini tentunya semua jadi adil memiliki saksi," ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI Marwan Jafar saat berbincang, Selasa (28/1/2014).

Marwan menambahkan bahwa saat dibahas di DPR, semua fraksi setuju dengan pembiayaan ini. Namun demikian PDIP, NasDem, dan Gerindra menolak hal tersebut.

"Saya cek di Komisi II kemarin itu semua terima tuh. Kalau NasDem memang belum di parlemen, tapi semua berjalan normal ketika pembahasan itu. Sebenarnya yang paling utama yaitu menekan kecurangan itu. Jadi suara itu bisa dari TPS sampai KPU pusat betul betul sama," imbuh Marwan.

Menurut Marwan justru nilai total Rp 700 miliar jauh lebih murah ketimbang nantinya muncul gugatan Pemilu. Oleh karena itu PKB setuju agar saksi parpol di TPS dibiayai negara.

"Kalau ada partai yang tidak punya saksi di salah satu TPS, terus partai itu menggugat kan dampaknya bisa lebih besar lagi," sebut dia.(detik)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.