|  | 

Berita Nasional

Buka Pameran Lukisan Mooi Indie Utopia, Ini Harapan Cak Imin Untuk Seni di Indonesia

JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berharap seni dapat menjadi suatu hal yang memberikan pengaruh bagi kehidupan di Indonesia.

"Di era Soekarno politik jadi panglima, era Soeharto ekonomi jadi panglima dan era saat ini politik juga masih menjadi panglima. Semoga di tahun mendatang seni juga dapat menjadi panglima," kata Wakil Ketua MPR RI itu saat membuka pameran lukisan tunggal bertajuk 'Mooi Indie Utopia" karya seniman Giri Basuki di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu malam 13/9/2018.

Menurut panglima Santri itu, seni selalu menambah khasanah kekayaan serta keilmuan para pecinta dan pelaku seni maupun masyarakat.

"Melalui seni, seorang seniman dapat menyampaikan pesan dan nilai-nilai positif yang bisa menggerakkan publik," ucapnya.

Dari itu, Cak Imin juga meminta para pelaku seni tidak antipati terhadap politik, karena tidak seluruh pelaku politik yang berpolitik semata untuk kepentingan politis.

"Contohnya bagi saya politik hanyalah kosekuensi dari perjalanan kultural memperjuangkan cita-cita Nahdlatul Ulama yang telah diperjuangkan kakek buyut saya sejak dahulu. Jadi ini konsekuensi," tutur Cak Imin.

Pameran lukisan Giri Basuki sendiri digelar atas kegelisahan sang seniman atas maraknya kabar bohong atau hoax yang terjadi di kehidupan masyarakat.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.