|  | 

Berita Nasional

Lukman Edy Minta DPR Tegur Pemerintah Soal Kabut Asap

Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FKB), Lukman Edy meminta pimpinan DPR menegur pemerintah yang dinilai tidak maksimal dalam mengawasi pembukaan lahan baru perkebunan dengan cara membakar hutan.

"Sudah satu bulan kawasan Provinsi Riau diselimuti asap akibat pembukaan lahan baru perkebunan dengan cara pembakaran lahan. Itu terjadi karena pemerintah tidak maksimal dalam mengawasi pengusaha perkebunan membuka lahan baru. Karena itu, FPKB meminta pimpinan DPR melayangkan protes kepada pemerintah," kata Lukman Edy, dalam rapat paripurna DPR, Rabu (5/3).

Dikatakannya, akibat asap yang menyelimuti Riau, ribuan masyarakat setempat tengah mengalami infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Perkembangan terkini menurut Lukman, asap telah sampai ke sejumlah negara tetangga yang berbatasan dengan Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Ini sangat mengkuatirkan masyarakat Riau dan negara-negara tetangga. Ini akan mengganggu harkat dan martabat bangsa.

"Anehnya, hingga saat ini baru ada upaya-upaya yang meminta Tuhan turunkan hujan. Upaya kongrit dari pemerintah untuk mengatasi asap tersebut belum ada. Hingga saat ini pemerintah masih sibuk dengan berbagai wacana. Langkah kongrit belum ada," ujar pria Dapil Riau ini.

Karena itu, anggota DPR dari Riau itu kembali meminta pimpinan DPR menegur pemerintah agar lebih ketat mengawasi tingkah laku pengusaha yang suka seenaknya memperlakukan lingkungan.(jpnn)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.